Sukoharjo — Himpunan Mahasiswa Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (HMPS TP) UIN Raden Mas Said Surakarta dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Aqidah Filsafat Islam (HMPS AFI) UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan Tadarus Filsafat dengan tema “Tazkiyatun Nafs di Bulan Suci Ramadan”. Kegiatan kolaboratif ini berlangsung pada Kamis (21/03) di ruang C105 UIN Raden Mas Said Surakarta yang dihadiri oleh ketua beserta anggota pengurus dari masing-masing HMPS. Selain itu, diskusi tersebut tidak hanya untuk meningkatkan kualitas silaturahim, tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas kegiatan antara kedua HMPS.

Agus Wahyudi S. Ag., M. Psi., M. Ag., (Dosen UIN Raden mas Said Surakarta) bertindak sebagai narasumber pada acara tersebut. Agus menyampaikan tentang bagaimana menyucikan jiwa serta memperbaiki jiwa tanpa menempatkan diri sebagai yang paling suci dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt sesuai dengan syariat agama Islam. Terselenggaranya diskusi ini tepat pada bulan Ramadan yang memiliki peran dan pesan penting terutama dalam menjalani ibadah puasa karena dapat berupaya untuk meningkatkan pengetahuan terkait nafs. Pengetahuan tentang nafs ini berperan dalam memperbaiki diri serta pembersihan diri sehingga dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan menjadi lebih bermakna. Setelah pembahasan selesai, terdapat forum diskusi serta sesi tanya jawab yang membuat acara menjadi dinamis dan dialogis. Acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

(Red & Foto: HMPS TP, Editor: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *