Sukoharjo — Salah satu mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta, Salma Humna Mas’udah, berhasil mencetak prestasi internasional, yaitu juara III pada International Writing Competition dengan tema “The Role Of Sufism In Strengthening Mental And Spiritual Health In The Modern Era”. Event tersebut diprakarsai oleh Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta dan baru dimulai pada tahun 2024. Rencananya akan diadakan secara rutin sebagai stimulasi mahasiswa, khususnya mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta, untuk berkompetisi di tingkat internasional. Selain itu, lomba menulis tingkat internasional ini juga sebagai upaya untuk mempromosikan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta di kancah nasional maupun internasional serta sebagai upaya untuk menjaring karya ilmiah yang merespons tantangan dan perkembangan zaman.

Lomba menulis tingkat internasional ini diikuti oleh kontestan dari beberapa institusi dan negara, misalkan dari Indonesia, Thailand, dan Filipina. Pada kesempatan tersebut, juara I diraih oleh Al-Ameen M. Ibnohajad dari Mindanao State University Filipina dengan judul artikel “The Role Of Sufism In Shaping Mental Health”. Sedangkan, juara II diraih oleh Hasnah Tohnar dari Prince of Songkla University Thailand dengan judul artikel “Considering the Effectiveness of Sufism in Healing Mental Disorders”. Kemudian, juara III diraih oleh Salma Humna Mas’udah dengan judul artikel “Sufism as a Therapy for the Crisis of Spiritual Emptiness in the Modern Era”.

Dalam artikelnya, Salma menyoroti salah satu permasalahan yang diakibatkan oleh perkembangan zaman, yaitu krisis kehampaan spiritual. Padahal, spiritualitas berperan penting terhadap tercapainya kesehatan mental. Ini artinya, ketika seseorang memiliki permasalahan spiritual, maka bisa berdampak pada terhambatnya perkembangan kesehatan mental seseorang. Dalam permasalahan ini, Salma menawarkan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kehampaan spiritual, yaitu menggunakan pendekatan tasawuf. Pendekatan tasawuf menekankan pendekatan seseorang terhadap Tuhan sehingga bisa menemukan makna kehidupan. Dengan demikian, kehampaan spiritual bisa teratasi.

Salma merasa bahagia dan bersyukur karena ini bukan prestasi pertama kali. Pada 16-18 Oktober 2023 lalu, Salma berhasil meraih Juara 2 Abstrak Terbaik Kategori Putri di ajang Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Ushuluddin Nasional (KIMUN) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Kemudian, pada 10 Maret 2024 ia tercatat sebagai juara III pada International Writing Competition dengan tema “The Role Of Sufism In Strengthening Mental And Spiritual Health In The Modern Era”.

(Red & Ed: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *