Sukoharjo — Lulus tepat waktu merupakan keinginan setiap mahasiswa. Di sisi lain, lulus tepat waktu juga menjadi indikator dari keberhasilan program studi dalam menjalankan kegiatan akademis terhadap para mahasiswa. Maka dari itu, lulus tepat waktu perlu senantiasa diupayakan dan dipertahankan. Sebagai salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut, Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kelas percepatan skripsi.

Kelas percepatan skripsi ini diikuti oleh mahasiswa semester enam (dalam konteks ini adalah mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2021) dan dipandu oleh Ahmad Saifuddin (dosen Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta). Kelas ini bersifat nonregular (di luar jam perkuliahan dan tidak termasuk ke dalam SKS) dan diadakan setiap hari Rabu dimulai pada tanggal 13 Maret 2024. Di kelas ini, mahasiswa dipandu untuk menyusun proposal penelitian secara praktik. Artinya, kelas ini memfokuskan bagaimana mahasiswa menyusun proposal penelitian guna menghadapi skripsi. Di kelas ini juga, para mahasiswa membuat proposal penelitian di tempat dan bisa berkonsultasi kepada pemandu kelas percepatan skripsi tentang rancangan penelitiannya serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Pemandu kelas akan mengecek dan mencermati setiap rancangan penelitian yang disusun, serta memberikan masukan dan arahan kepada para mahasiswa. Harapannya, di akhir semester enam, para mahasiswa berhasil menyusun proposal penelitian sehingga di semester tujuh para mahasiswa bisa melaksanakan penelitian skripsi sampai lulus.

(Red & Ed: Ahmad Saifuddin, Foto: HMPS TP UIN RMS)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *