Sukoharjo — Kamis (18/08) program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan bimbingan akademik kepada para mahasiswa. Bimbingan akademik tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu bimbingan yang tidak terjadwal dan bimbingan yang terjadwal. Bimbingan yang tidak terjadwal merupakan bimbingan akademik yang dilakukan berdasarkan kebutuhan dari mahasiswa, sehingga mahasiswa menemui dosen pembimbing akademik untuk mengkonsultasikan permasalahannya dan tidak dibatasi oleh waktu. Adapun bimbingan yang terjadwal diadakan setiap semester oleh setiap dosen pembimbing akademik.

Bimbingan akademik tersebut bertujuan untuk mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran dari para mahasiswa. Mahasiswa diminta untuk menyampaikan saran dan tanggapan terkait proses perkuliahan di semester berikutnya. Saran dan tanggapan tersebut berguna bagi program studi untuk memperbaiki iklim akademik di semester mendatang. Selain itu, bimbingan tersebut juga bertujuan untuk memonitor perkembangan belajar para mahasiswa. Setiap dosen pembimbing akademik akan mengetahui ada atau tidak adanya kekurangan mahasiswa dalam menempuh jumlah SKS dengan jumlah mata kuliah tertentu. Selain itu, setiap dosen pembimbing akademik mengarahkan kepada mahasiswa untuk selalu memperoleh nilai optimal agar di semester mendatang dapat mengambil mata kuliah dalam jumlah yang maksimal. Pada akhirnya, harapan untuk lulus tepat waktu bisa tercapai.

(Foto: Isnaini, Red: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *