Sukoharjo — Keterampilan merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Keterampilan, selain diperoleh dari pembelajaran di kelas, juga dapat diperoleh di acara-acara yang diadakan oleh pihak kampus atau organisasi kemahasiswaan. Salah satunya adalah acara Hypno Mini Course. Kegiatan tersebut diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta pada Sabtu 20 Agustus 2022. Acara tersebut dilaksanakan di gedung teatrikal Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Raden Mas Said Surakarta. Narasumber yang didatangkan adalah Rina Jayanti, M.Psi., Psikolog, CHt (Clinical Hypnoterapist® dan Lisenced Practitioner of NLP®). Rina Jayanti, M.Psi., Psikolog, CHt merupakan murid dari Dr. Adi W. Gunawan, S.T., M.Pd., CCH. Acara tersebut juga diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi serta para dosen Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara diawali dengan pembukaan secara seremonial dengan sambutan oleh perwakilan dari program studi Tasawuf dan Psikoterapi yang disampaikan oleh Siti Fathonah, S.Th.I., M.A., perwakilan dari jurusan Psikologi dan Psikoterapi yang disampaikan oleh Dr. Retno Pangestuti, M.Psi., Psikolog, serta sambutan dari panitia dan pengurus HMPS Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Pada sesi pertama, Rina Jayanti menyampaikan tentang isi buku Adi W. Gunawan yang berjudul “Hypnotherapy: The Art Of Subconscious Restructuring“. Buku tersebut merupakan salah satu buku referensi yang berisi konsep dan prinsip-prinsip hipnoterapi. Sesi tersebut berakhir pada pukul 12.00 WIB. Adapun sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB diisi oleh Rina Jayanti dengan role play. Role play ini bertujuan agar para peserta melakukan learning by doing sehingga memiliki pengalaman dan materi yang diterima dapat bertahan lama. Selain itu, juga berguna untuk meningkatkan keterampilan para peserta. Di sisi lain, Rina Jayanti juga mempraktikkan hipnoterapi secara live mulai dari tahap pertama sampai akhir. Acara tersebut mendapatkan respons positif dari para peserta dan selesai pada pukul 14.00 WIB.

(Foto: HMPS Tasawuf dan Psikoterapi, Red: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *