Tasikmalaya — Pengurus Pusat Konsorsium Tasawuf dan Psikoterapi Indonesia (PP Kotaterapi) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) pada Sabtu – Senin (14 – 16/05) di pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya. Selain pemilihan dan pembentukan pengurus baru serta pemantapan kurikulum, Munas juga melaksanakan agenda penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Dalam hal ini, Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta menjalin kerja sama dengan PP Kotaterapi dan UIN Raden Fatah Palembang. Kerja sama tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya masyarakat. Sebelumnya, kerja sama antara Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta dengan PP Kotaterapi dan UIN Raden Fatah Palembang sudah terjalin sejak lama. Misalkan, pada tahun 2017 Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta mengundang Dr. Sulaiman, M.Ag. yang waktu itu menjabat sebagai Ketua Umum PP Kotaterapi sebagai narasumber review kurikulum. Selain itu, pada tahun 2018 Dr. Sulaiman, M.Ag. juga diminta untuk menjadi narasumber pendampingan pembuatan modul praktikum dan pendampingan borang akreditasi.

Pada kesempatan yang baru, bentuk kerja sama yang telah dilaksanakan diharapkan akan terus dipertahankan, ditambah dengan bentuk kerja sama yang lain. Selain itu, salah satu bentuk kerja sama baru tersebut adalah masuknya Prof. Dr. H. Syamsul Bakri, M.Ag. (dosen yang mengajar di Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said yang juga pakar tasawuf reiki dan sufi healing) sebagai Dewan Pakar PP Kotaterapi masa khidmat 2022-2025 dan Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog (Koordinator Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta) sebagai anggota Departemen Profesi, Sertifikasi, dan Izin Praktik Psikoterapi Sufistik.

Adapun bentuk kerja sama yang sudah terjalin antara Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta dengan UIN Raden Fatah Palembang adalah Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog berperan sebagai reviewer jurnal Psikologi Islam (Psikis) yang dikelola oleh Psikologi Islam UIN Raden Fatah Palembang dan jurnal Spiritual Healing yang dikelola oleh Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Fatah Palembang. Bentuk kerja sama tersebut diharapkan dapat terus dipertahankan dan ditambah dengan berbagai bentuk kerja sama yang lain.

(Red & Foto: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *