Surakarta — Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tahap kedua pada hari Kamis, 17 Maret 2022 yang dilaksanakan di Masjid Nur Hasanah yang terletak di Kampung Baron Cilik Rw 06 Laweyan, Surakarta. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diikuti oleh peserta kajian keagamaan yang rutin diadakan oleh Komunitas Seniman Eling Gusti. Peserta kegiatan pengabdian ini terdiri dari masyarakat sekitar serta anggota komunitas tersebut sejumlah 35 orang. Kegiatan pengabdian masyarakat tahap kedua ini merupakan kegiatan lanjutan dari pengabdian masyarakat pertama minggu lalu. Tema yang diangkat pada pengabdian tahun ini adalah “Penguatan Kesehatan Keluarga Dengan Nilai-Nilai Tasawuf” ini berlangsung dari pukul 20.30 WIB -22.00 WIB dengan narasumber dosen program studi Tasawuf dan Psikoterapi yaitu Lintang Seira Putri, M.A., dan Mamluatur Rahmah, M.Ag. Kegiatan ini juga melibatkan lima mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi.

Lintang Seira Putri, M.A. menyampaikan tentang evaluasi materi pertama  tentang aplikasi yang telah dilakukan peserta untuk membentuk keluarga yang sehat. Pertemuan sebelumnya telah disampaikan beberapa indikator untuk membentuk keluarga sehat dengan memperbaiki hubungan antar anggota keluarga melalui komunikasi, dan kegiatan yang saling mendukung satu sama lain. Mamluatur Rahmah, M.Ag juga melengkapi kegiatan evaluasi dengan penjelasan kesehatan keluarga melalui perspektif konsep tasawuf. Peserta yang minggu lalu diminta untuk mengaplikasikan  metode dzikir untuk memperoleh ketenangan jiwa diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil yang dirasakan.

Pengabdian masyarakat ini juga diberikan contoh beberapa metode tasawuf dalam meningkatkan kesehatan baik mental maupun fisik. Dalam kegiatan ini juga menampilkan tari sufi yang dibawakan oleh mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta semester 2 yaitu Dicka Rahma Dwi. Mamluatur Rahmah, M.Ag menjelaskan terkait dengan Tari Sufi dan dampak yang dirasakan bagi pelakunya. Acara ini ditutup dengan pengisian lembar evaluasi oleh seluruh peserta Pengabdian Masyarakat.

(Red dan Foto: Lintang Seira Putri dan Mamluatur Rahmah)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *