Klaten — Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan penandatanganan nota kerjasama dengan Pondok Pesantren Darul Afkar Tegalrejo Ceper Klaten pada Ahad (13/03). Pada dasarnya, Pondok Pesantren Darul Afkar sudah menjadi mitra Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said sejak tahun 2017. Penandatanganan kali ini sebagai upaya memperbarui kerjasama dan berlangsung di Aula Pondok Pesantren Darul Afkar Tegalrejo Ceper Klaten.

Pondok Pesantren Darul Afkar dipilih sebagai mitra karena memiliki visi dan misi yang sama dengan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta. Pondok Pesantren Darul Afkar merupakan pondok pesantren di bawah Yayasan Darul Afkar Institute yang mengkaji berbagai bidang, salah satunya adalah tasawuf-reiki. Pengasuh pondok pesantren Darul Afkar, Prof. Dr. KH. Syamsul Bakri, M.Ag., merupakan figur yang mengintegrasikan antara reiki dengan metode tasawuf, sehingga nilai-nilai tasawuf menjadi membumi.

Tasawuf-reiki dapat bermanfaat di berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah bidang kesehatan. Tasawuf-reiki menjadi salah satu strategi untuk mencapai kesehatan fisik, psikologis, dan spiritual melalui energi Tuhan. Selain itu, tasawuf-reiki juga menekankan kepasrahan terhadap Tuhan. Tasawuf-reiki ini menjadi salah satu metode terapi yang digeluti oleh Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta dan juga menjadi kekhasan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta. Selain di dalam bidang tasawuf-reiki, kerja sama antara Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta dengan Pondok Pesantren Darul Afkar Tegalrejo Ceper Klaten tersebut juga meliputi kerja sama di bidang penelitian dan kegiatan ilmiah. Beberapa kegiatan yang pernah diwujudkan sebagai bentuk kerja sama kedua pihak adalah penerbitan buku (Sufi Healing dan Quantum Sufi), pengabdian kepada masyarakat, dan pengobatan masal.

(Foto: Pondok Pesantren Darul Afkar, Red: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *