Sukoharjo — Jumat (11/02) koordinator program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan rapat koordinasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta. Rakor tersebut diadakan di laboratorium sufi healing dan dihadiri oleh koordinator program studi, Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog; ketua HMPS Tasawuf dan Psikoterapi masa juang 2022, Habib Baihaqi Surya Atmaja; beserta jajaran pengurus HMPS Tasawuf dan Psikoterapi masa juang 2022.

Dalam rakor tersebut, kedua pihak membahas tentang persiapan untuk mengadakan berbagai acara di tahun 2022 sebagai tindak lanjut dari acara penguatan lembaga yang diadakan oleh pihak fakultas pada Sabtu (05/02). Rencananya, program studi Tasawuf dan Psikoterapi akan mengadakan acara seminar nasional di tahun 2022, selain kegiatan rutin yang berbasis kurikulum, misalkan PPL dan KKL. Adapun pihak HMPS Tasawuf dan Psikoterapi berencana mengadakan kegiatan bedah buku dan pelatihan hipnoterapi bersertifikat serta serangkaian seminar nasional dan lomba tingkat nasional, selain mengadakan acara-acara lain, misalkan latihan rutin tari sufi, diskusi dan latihan hipnoterapi, dan latihan bekam.

Selain membahas persiapan acara di tahun 2022, kedua pihak juga membahas rencana bentuk kegiatan di tahun 2023 untuk diajukan tahun ini. Kedua pihak berkomitmen untuk mempertahankan acara-acara yang dianggap bermanfaat serta mengadakan acara yang berorientasi pada pembekalan keterampilan mahasiswa disertai dengan legalitasnya, misalkan mengadakan latihan hipnoterapi dan akupuntur untuk kesehatan emosi dengan mendatangkan narasumber yang bersertifikasi. Sehingga, mahasiswa bukan hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, namun juga memperoleh mata rantai keilmuan yang jelas dan sertifikat sebagai bukti bahwa mahasiswa pernah mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut. Hal ini penting mengingat peta jalan Tasawuf dan Psikoterapi adalah menekuni penyembuhan dengan tradisi sufi, keilmuan timur, di samping juga mempelajari tradisi keilmuan barat. Selain itu, berbagai macam kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan sehingga mahasiswa menjadi lulusan yang berkualitas dengan memanfaatkan keterampilan tersebut kelak. Di sisi lain, HMPS Tasawuf dan Psikoterapi juga berkomitmen untuk mentradisikan kegiatan lomba tingkat nasional sebagai ajang mengasah bakat dan keberanian berkompetensi mahasiswa serta ajang silaturahim mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi.

(Foto: HMPS Tasawuf dan Psikoterapi, Red: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *