Sukoharjo — Sabtu (2/3) Himpunan Mahasiswa Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (HMPS TP) UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kelas penelitian tahun 2024 putaran ketiga. Pada kesempatan tersebut, fokus pembahasan adalah metode penelitian kualitatif dengan narasumber Lintang Seira Putri, S.Psi., M.A. (Sekretaris Jurusan Psikologi dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta). Kelas penelitian dihadiri oleh mahasiswa dari beberapa program studi.

Pada awal materi, Lintang menyampaikan tentang esensi dan tujuan dari metode penelitian kualitatif. Ia menyampaikan bahwa metode penelitian kualitatif secara umum bertujuan mengurai masalah dan mendeskripsikan fenomena yang diteliti. Oleh karena itu, penelitian kualitatif menuntut peneliti untuk memperoleh data yang mendalam. Selanjutnya, Lintang menyampaikan bahwa penelitian kualitatif diawali dengan temuan kesenjangan antara idelitas dan realitas. Dalam hal ini, Lintang menekankan bahwa kesenjangan tersebut harus dituliskan dan dirumuskan secara eksplisit sehingga bisa melahirkan rumusan masalah yang terfokus dan jelas.

Setelah menjelaskan tentang penyusunan kesenjangan penelitian dan rumusan masalah, Lintang menjelaskan tentang berbagai macam pendekatan dalam penelitian kualitatif lapangan, misalkan studi kasus, fenomenologi, etnografi, dan grounded research. Setiap pendekatan tersebut memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Poin penting ini yang harus dipahami oleh mahasiswa, bahwa karakteristik masalah dan ciri khas dari pendekatan yang dipilih harus selaras. Dengan demikian, mahasiswa tidak boleh memilih pendekatan secara asal-asalan tanpa memperhatikan kedua prinsip tersebut. Karena memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing, maka setiap pendekatan tersebut juga memiliki langkah atau prosedur teknik analisis data yang berbeda. Sehingga, mahasiswa perlu memahami dan menguasai keterampilan teknik analisis data ini.

Di akhir sesi, Lintang meminta mahasiswa untuk latihan. Latihan tersebut berbentuk mahasiswa diminta mencari fenomena yang diminati dan kemudian merumuskan kesenjangan penelitian. Sebelum ditutup, terdapat sesi dialog dan tanya-jawab antara narasumber dan para peserta kelas penelitian. Kelas penelitian ini diharapkan dapat merefresh pengetahuan metode penelitian kualitatif para peserta kelas penelitian sekaligus menambah pengetahuan apabila terdapat pengetahuan yang belum diketahui oleh para peserta kelas penelitian. Dengan demikian, para peserta memiliki kesiapan yang tinggi untuk melaksanakan penelitian skripsi.

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *