Boyolali – Selasa (21/03) program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut diadakan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam 2 Ngemplak Boyolali dan dilaksanakan oleh dua dosen Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. Nur Kafid, M.Sc. dan Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog.

Kepala MTs Nurul Islam 2 Ngemplak Boyolali, H. Muh Burhanuddin Amien, S.Pd.I, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat dapat memperkuat hubungan kedua institusi tersebut dan bermanfaat untuk meningkatkan literasi kesehatan mental para siswa.

Pada kesempatan kali ini, pengabdian masyarakat mengambil tema “Mencapai Kesehatan Mental Dengan Perspektif Tasawuf”. Di awal acara, disajikan tari sufi yang dibawakan oleh salah seorang mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta, Dicka Rahma. Setelah melakukan tari sufi, Dicka kemudian berbagi pengalaman tentang dampak tari sufi terhadap kondisi mentalnya.

Sesi selanjutnya, Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog, menyampaikan tentang definisi kesehatan mental dan ciri-cirinya. Selain itu, Ahmad Saifuddin juga menyampaikan bahwa kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik karena keduanya ibarat dua sayap burung yang harus berfungsi semuanya untuk mendukung aktualisasi diri individu. Di akhir acara, Ahmad Saifuddin menyampaikan bahwa untuk mencapai kesehatan mental bisa dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep tasawuf, misalkan tawakal, kanaah, zuhud, dan wirai. Di akhir acara, Ahmad Saifuddin dan Nur Kafid mengajak para siswa untuk meningkatkan empati dan kepekaan guna meminimalisasi terjadinya gangguan mental pada orang lain.

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *