Sukoharjo — Program studi dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar acara launching logo baru. Acara tersebut berbarengan dengan acara buka bersama dan diadakan bertepatan dengan hari lahir program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta yang ke-6, yaitu pada hari Senin 11 April 2022. Logo baru tersebut diharapkan menjadi momentum untuk memperbarui semangat dalam memajukan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara berlangsung di kafe JLM UIN Raden Mas Said Surakarta mulai pukul 16.00 WIB. Acara diikuti oleh mahasiswa program studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said berbagai angkatan dan dihadiri oleh Ketua Jurusan Psikologi dan Psikoterapi, Dr. Retno Pangestuti, M.Psi., Psikolog, para pengurus HMPS Tasawuf dan Psikoterapi, serta sejumlah dosen program studi Tasawuf dan Psikoterapi, seperti Lintang Seira Putri, S.Psi., M.A., Siti Fathonah, S.Th.I., M.A., dan M. Agus Wahyudi, S.Ag., M.Psi.

Pada awalnya, program studi dan HMPS Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan sayembara logo baru. Kemudian, berbagai rancangan logo baru tersebut diseleksi, sehingga terpilih logo yang dibuat oleh Dicka Rahma Dwi Saputra (mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said) sebagai pemenangnya. Kemudian, logo tersebut dimodifikasi oleh Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog (Koordinator Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta) beserta Departemen Kominfo HMPS Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Makna dari logo baru dari Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta adalah sebagai berikut:

  1. Bintang berjumlah sembilan artinya adalah satu bintang besar di tengah merupakan simbol Nabi Muhammad SAW, empat bintang di kanan merupakan simbol empat khalifah (Abu Bakar, Umar, ‘Utsman, dan ‘Ali), serta empat bintang di kiri merupakan simbol dari empat imam mazhab (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad ibn Hanbal).
  2. Tiga garis di samping kanan atau kiri melambangkan Iman, Islam, dan Ihsan. Jika ketiga garis tersebut digabungkan, menjadi enam garis yang melambangkan Enam Rukun Iman.
  3. Jubah sufi yang membentuk 7 gelombang melambangkan maqamat dalam tasawuf, yaitu taubat, zuhud, wara’, sabar, syukur, tawakal, dan ridla.
  4. Dua garis lingaran artinya adalah satu garis lingkaran di luar sebagai wujud nafs sedangkan satu garis di dalam adalah qalb. Artinya, struktur qalb yang berada di dalam diri berperan penting dalam penyucian jiwa dan pengendali perilaku.
  5. Bentuk lingkaran pada logo melambangkan kesatuan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, juga melambangkan kontinuitas atau istikamah.
  6. Seseorang yang menari sufi dengan mengangkat kedua tangan melambangkan perjalanan spiritual untuk mendekati Tuhan. Selain itu, lambang tersebut juga mirip dengan trisula yang merupakan lambang psikologi dan psikoterapi yang juga menjadi bagian dari Tasawuf dan Psikoterapi
  7. Kembang berbentuk segi delapan merupakan potongan dari logo UIN Raden Mas Said Surakarta yang menandakan bahwa Tasawuf dan Psikoterapi merupakan bagian dari UIN Raden Mas Said Surakarta.
  8. Warna emas melambangkan kemakmuran, kejayaan, dan prestasi. Harapannya, Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta memiliki banyak prestasi dan menjadi program studi yang berkualitas.
  9. Warna hijau melambangkan ketenangan, keseimbangan, kesuburan, penyembuhan, dan rasa empati. Program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said diharapkan mampu menyeimbangkan aspek fisiologis, psikologis, dan spiritual pada mahasiswa, dosen, dan masyarakat, sehingga dapat berperan pada penyembuhan gangguan dengan mengedepankan rasa empati.

(Red & Foto: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *