Karanganyar — Selasa (28/12) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar acara bertajuk Laporan Akhir Tahun Tahun Anggaran 2021. Dalam acara tersebut, hadir dekan dan seluruh wakil dekan, semua ketua program studi, sekretaris program studi, bagian akademik, bagian umum, bagian tata usaha, serta pengelola jurnal di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. Acara tersebut digelar di Hotel Lor In Syariah Surakarta dengan penerapan protokol kesehatan, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta, Dr. Islah, M.Ag., dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk beberapa hal. Pertama, sebagai sarana untuk menyampaikan laporan kegiatan dari setiap program studi, jurnal, dan bagian fakultas. Kedua, sebagai sarana mengevaluasi setiap kegiatan dari setiap program studi, jurnal, dan bagian fakultas. Evaluasi tersebut berfungsi sebagai bekal untuk membuat perencanaan yang matang di tahun 2022. Dr. Islah, M.Ag. juga mendorong para dosen untuk siap dengan berbagai perubahan, baik perubahan akibat pandemi Covid-19 maupun perubahan akibat kemajuan dan modernitas. Salah satu perubahan tersebut adalah digitalisasi dalam dunia pendidikan. Selain itu, Dr. Islah, M.Ag. mendorong peningkatan kolaborasi antar bagian dan program studi dalam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta.

Program studi Tasawuf dan Psikoterapi yang merupakan program studi di bawah naungan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta turut serta dalam acara tersebut. Program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta diwakili oleh ketua program studi, Supriyanto, S.Ud., M.Ud., dan sekretaris program studi, Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog. Dalam acara tersebut, program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta menyampaikan laporan kegiatan selama tahun 2021, baik kegiatan yang diadakan oleh program studi, Himpunan Mahasiswa Program Studi, maupun keduanya. Berbagai kegiatan tersebut bermacam-macam, misalkan seminar internasional, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Lapangan (KKL), latihan tari sufi, latihan bekam, kelas penelitian sebanyak enam kali pertemuan, bedah buku, audit mutu internal, pengabdian kepada masyarakat, evaluasi pembelajaran secara rutin, pembenahan laboratorium, bimbingan akademik, dan kegiatan lainnya.

Program studi Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta juga membuat beberapa perencanaan untuk tahun 2022, misalkan mempertahankan dan meningkatkan kegiatan tahun 2021, mengadakan berbagai pelatihan untuk menunjang keterampilan akademik dan nonakademik mahasiswa, peninjauan kurikulum, pengajuan peralatan laboratorium, program percepatan skripsi, peningkatan sosialisasi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa, serta peningkatan publikasi karya mahasiswa dan dosen baik populer maupun ilmiah.

(Red & Foto: Ahmad Saifuddin – Sekretaris Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *