Sukoharjo — Sabtu (13/11), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta kembali menggelar kelas penelitian putaran ketiga. Kelas penelitian tersebut mengambil tema metode penelitian kualitatif dan digelar secara daring dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Kelas penelitian tersebut merupakan program kerja dari Departemen Keilmuan HMPS Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta. Bertindak sebagai narasumber pada kelas penelitian tersebut adalah Dhestina Religia Mujahidah, S.Psi., M.A., M.M. Peserta kelas penelitian tersebut bukan hanya berasal dari mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta, namun juga berasal dari berbagai program studi. Tak kurang 100 peserta bergabung dalam kelas penelitian tersebut.

Terdapat banyak materi yang dibahas dalam kelas penelitian tersebut. Kelas penelitian dimulai dengan strategi membuat pertanyaan penelitian yang tepat. Kemudian, berlanjut membahas tentang kegunaan literature review dan cara membuatnya. Narasumber juga menjelaskan tentang berbagai macam metode penelitian di dalam pendekatan kualitatif, misalkan studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded research, dan sebagainya. Di sisi lain, narasumber juga menjelaskan tentang strategi memilih metode yang tepat. Ketepatan memilih metode tersebut menjadi kunci keberhasilan penelitian dan kualitas penelitian. Pembahasan kemudian berlanjut pada materi sampel penelitian dalam penelitian kualitatif, tata cara mengumpulkan data dalam penelitian kualitatif, serta mengolah dan menganalisis data. Terkait mengolah dan menganalisis data, narasumber mencontohkan dan mempraktikkan cara membuat coding dan cara menganalisis data. Terakhir, narasumber membahas tentang cara membuat kesimpulan dan saran.

Kelas penelitian akan dilanjutkan putaran keempat dengan tema metode penelitian studi pustaka dan putaran kelima dengan tema etika penelitian.

(Foto: HMPS Tasawuf dan Psikoterapi, Red: Ahmad Saifuddin)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *