Sukoharjo — Selasa (14/09) Himpunan Mahasiswa Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (HMPS TP) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta menggelar terapi massal dengan metode tasawuf reiki dan zikir sirr. Terapi massal ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan HMPS TP IAIN Surakarta yang bertajuk “Semesta (Semarak Meraih Spiritual Bersama Tasawuf dan Psikoterapi)”. Kegiatan lain dari “Semesta” adalah lomba video terapi, lomba syair sufi, lomba poster tasawuf dan psikoterapi tingkat nasional, serta seminar nasional. Adapun terapi massal tersebut bekerja sama dengan tim sufi healing Pondok Pesantren Darul Afkar Klaten di bawah asuhan Prof. Dr. KH. Syamsul Bakri, M.Ag. Kegiatan tersebut diadakan di aula Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta dengan menerapkan protokol kesehatan.

Terapi massal dimulai pukul 15.30 WIB dan diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat. Selama proses terapi yang berlangsung sekitar 15 menit, banyak di antara peserta terapi yang memunculkan respons tertentu, misalkan tertidur dan wajah yang menahan sakit. Ketika terapi selesai, beberapa peserta terapi berkonsultasi tentang yang dirasakan selama proses terapi. Beberapa peserta terapi merasakan dingin di bagian tubuh tertentu, merasa mual, merasakan ada tekanan di bagian tubuh tertentu, memperoleh penglihatan dalam berbagai bentuk, serta mendapatkan penglihatan berupa cahaya. Tim sufi healing Pondok Pesantren Darul Afkar Klaten kemudian menjelaskan bahwa rasa dingin tersebut disebabkan oleh energi positif yang masuk ke tubuh untuk penyembuhan. Sedangkan, rasa mual merupakan respons fisik karena ada penyakit yang akan keluar akibat proses penyembuhan energi tasawuf reiki tersebut. Terapi massal diakhiri pada pukul 16.30 WIB.

(Red/Foto: Ahmad Saifuddin – Sekretaris Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi IAIN Surakarta)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *