Sukoharjo — HMPS Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta kembali mengadakan kelas penelitian tahun 2024 pada Sabtu (20/04). Kelas penelitian putaran kelima tersebut mengambil fokus metode penelitian eksperimen. Acara dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi. Pada kesempatan kali ini, bertindak sebagai narasumber adalah Ahmad Saifuddin (dosen Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta sekaligus penulis buku “Penelitian Eksperimen Dalam Psikologi“).

Di awal pembahasan, dosen yang akrab disapa Saif membahas tentang definisi penelitian eksperimen. Sebagai penelitian yang memberikan perlakuan kepada sampel penelitian, peneliti eksperimen didorong untuk memilih perlakuan berdasarkan referensi atau hasil penelitian yang valid. Dengan kata lain, pemilihan perlakuan tersebut tidak asal pilih, melainkan harus sudah terbukti efektivitas sebelumnya dan disesuaikan dengan faktor penyebab terjadinya permasalahan. Saif kemudian membahas tiga bentuk desain eksperimen, yaitu praeksperimen, eksperimen semu, dan eksperimen murni. Setiap desain tersebut juga memiliki ciri dan beberapa rancangan penelitian yang perlu diperhatikan. Adapun setiap rancangan dari desain eksperimen ini juga memiliki keterbatasan dan kelebihannya masing-masing. Selain itu, Saif juga mengupas cara menganalisis setiap rancangan eksperimen tersebut.

Berikutnya, Saif memberikan penekanan dalam memilih desain eksperimen. Saif menjelaskan kaidah bahwa desain praeksperimen adalah desain yang paling tidak disarankan karena validitas yang sangat rendah. Akan tetapi, banyak mahasiswa yang menggunakannya karena ketidakpahamannya. Sehingga, Saif menekankan agar mahasiswa tidak menggunakan desain praeksperimen. Saif menyarankan mahasiswa untuk menggunakan eksperimen semu dan lebih baik lagi menggunakan eksperimen murni. Saif juga menjelaskan tentang berbagai macam yang bisa mengganggu validitas internal dan validitas eksternal penelitian eksperimen serta cara untuk mengatasinya.

Di akhir pembahasan, Saif menjelaskan tentang berbagai hal teknis yang perlu diperhatikan dalam penelitian eksperimen serta berbagai hal yang perlu dioptimalkan dalam penelitian eksperimen, salah satunya adalah pengendalian variabel noneksperimental atau variabel bias. Tidak lupa Saif juga menjelaskan tentang beberapa etika penelitian yang perlu ditegakkan dalam penelitian eksperimen.

Seiring selesainya kelas penelitian putaran kelima ini, maka kelas penelitian tahun 2024 menyisakan satu pertemuan lagi, yaitu membahas etika penelitian. Rencananya, acara tersebut akan diisi oleh Lintang Seira Putri, S.Psi., M.A., Sekretaris Jurusan Psikologi dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta sekaligus pemerhati etika penelitian. Rangkaian kelas penelitian HMPS Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta ini akan kembali diadakan tahun 2025 mengingat acara tersebut adalah program kerja rutin tahunan.

(Red: Saif, Foto: HMPS TP)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *