Sukoharjo — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi (TP) UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan latihan tari sufi. Latihan tari sufi ini merupakan realisasi program kerja Departemen Ketasawufan HMPS TP UIN Raden Mas Said Surakarta dan upaya memperbesar Komunitas Tari Sufi Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN RM Said Surakarta (Kotamasa’i).

Latihan tari sufi tersebut diadakan secara rutin sejak tahun 2020. Pada awalnya, latihan diadakan setiap dua minggu sekali, kemudian meningkat sampai akhirnya setiap minggu. Latihan tersebut diadakan sebagai upaya untuk memakmurkan laboratorium Sufi Healing dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta di bidang ketasawufan. Selain itu, latihan tersebut juga diharapkan memberikan pengalaman langsung tentang upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui tari sufi. Dengan demikian, harapannya mahasiswa bisa merasakan pengalaman spiritual dan altered state of consciousness (ASC). Beberapa penelitian untuk bahwa ASC berdampak positif terhadap kesehatan mental.

Saat ini, latihan dipimpin dan dipandu oleh mahasiswa TP UIN Raden Mas Said Surakarta, Muhammad Sirodjuddin Zuhdi dan Dicka Rahma Dwi S. Sirodj dan Dicka belajar tari sufi melalui Mohammad Ali Shodiqin sehingga memiliki sanad atau mata rantai keilmuan yang jelas. Latihan diadakan setiap sore dan kemudian ditutup dengan meditasi.

(Red: Ahmad Saifuddin, Foto: HMPS TP UIN RMS)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *