Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta mengadakan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan  (PPL) bagi mahasiswa. Pembekalan PPL dilaksanakan pada Jumat, 28 Juli 2023 pada pukul 08.00 WIB. Pembekalan KKL bertujuan sebagai persiapanberupa pemberian arahan dan bekal yang harus dilakukan sebelum mahasiswa melaksanaan PPL di bulan Agustus. KKL merupakan kegiatan akademik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di semester 7. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta. PPL diadakan pada semester tujuh setelah mahasiswa melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). PPL diadakan agar mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang diterimanya selama enam semester di lembaga atau instansi yang memiliki visi dan misi sejalan dengan program studi. Selain itu, PPL juga memudahkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja kelak karena dengan PPL mahasiswa mendapatkan sejumlah pengalaman nyata utnuk meningkatkan keterampilannya. Pembekalan KKL ini dihadiri oleh Koordinator Program Studi, para Dosen Pembimbing Lapangan, Narasumber PPL, dan  mahasiwa semester 7.

Pembekalan diawali dengan sambutan dan pengantar dari Koordinator Prodi yaitu Lintang Seira Putri, M.A. yang menjelaskan tujuan dan gambaran kegiatan PPL. Dalam sambutanya, Lintang Seira Putri menyampaikan gambaran dan arahan program PPL yang akad dilaksanakan di tujuh lembaga. Mahasiswa diwajibkan untuk mencari permasalahan psikologis dan spiritual kemudian diberi terapi dan bimbingan. Terapi dan bimbingan tersebut akan didampingi oleh supervisor dari lembaga. Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk memberikan psikoedukasi guna meningkatkan pemahaman pihak terkait. Aktivitas tersebut diarahkan dan disesuaikan dengan profil lulusan program studi Tasawuf dan Psikoterapi. 

Pembekalan dimulai dengan penyampaian dari moderator yaitu Sidiq Rahmadi, S.Ag. Yang juga merupakan alumni prodi Tasawuf dan Psikoterapi. Narasumber pada pembekalan PPL tersebut adalah Dr. Lisnawati Ruhaena, M.Si., Psikolog (Kepala Laboratorium Psikologi UMS). Dr. Lisnawati Ruhaena, M.Si., Psikolog memberikan alur melakukan penanganan dari identfikasi masalah beserta strateginya, diagnosis dan caranya, pemilihan treatment atau terapi, merancang treatment atau terapi, mengukur efektivitas, sampai dengan evaluasi. Selain itu, Dr. Lisnawati Ruhaena, M.Si., Psikolog juga menyampaikan tentang integrasi psikologi dengan tasawuf guna menangani permasalahan psikologis dan spiritual. Mahasiswa juga diharapkan bisa percaya diri setelah memiliki bekal materi saat terjun di lokasi PPL.

Foto/ Red: Musa/ Lintang

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *