Sukoharjo — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta membentuk satuan tugas (satgas) yang bertugas untuk meningkatkan animo mahasiswa dalam kompetisi akademik maupun nonakademik serta mengadakan pelatihan-pelatihan berdasarkan bakat dan minat mahasiswa. Satgas tersebut dinamakan Satgas Prestasi. Satgas Prestasi tersebut dibentuk berdasarkan proses rekrutmen dan seleksi yang diadakan oleh HMPS Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta. Berdasarkan hasil seleksi tersebut, terdapat enam mahasiswa yang menjadi pengurus Satgas Prestasi, yaitu Uswatun Hasanah (Koordinator Satgas), Luthfiyah Zata Dini (Sekretaris Satgas), Nur Indah Ambarsari, Malikiando An N, Defa Fatma Sari, dan Ullys Rima Rahmawati.

Satgas Prestasi dilatarbelakangi oleh paradigma bahwa setiap mahasiswa memiliki potensi, bakat, dan minatnya masing-masing. Potensi, bakat, dan minat tersebut harus digali. Maka, proses penggalian potensi, bakat, dan minat tersebut dilakukan dengan cara membagikan angket atau kuesioner kepada para mahasiswa. Berdasarkan hasil angket atau kuesioner tersebut, maka potensi, bakat, dan minat mahasiswa dipetakan menjadi beberapa bagian, misalkan menulis esai, videografi, puisi, fotografi, dan sejenisnya. Langkah selanjutnya yang menjadi tugas Satgas Prestasi ini adalah mengadakan pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta di bidangnya masing-masing. Sehingga, mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta semakin berani untuk berkompetisi dalam berbagai perlombaan.

(Red: Ahmad Saifuddin, foto: HMPS Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said Surakarta)

By admintp

Laman Resmi Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *